The Effect of Visual Communication and Lighting on Uniqlo Customers' Purchasing Intention

  • Muhammad Iqra Bintang Syawal Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Anhar Januar Malik Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Mirandha Ariesca Riana Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
Keywords: Atmosphere, Visual, Communication, Lighting, Intention

Abstract

The store atmosphere is one aspect that business owners need to pay attention to to attract consumer buying interest and develop their business—creating a pleasant, attractive atmosphere and providing comfort for consumers while in the store is a strategy to encourage them to make purchases. This research aims to determine the influence of store atmosphere, especially visual communication and lighting, on the purchasing intention of Uniqlo customers in Indonesia. The population in this research was men and women aged 15-64 years who had visited Uniqlo outlets in Indonesia. A sample of 100 respondents was determined from this population. This research uses a descriptive qualitative approach. Data was collected by distributing questionnaires, which respondents then filled out. The data that has been collected is then analyzed using SPSS with the multiple linear regression analysis method. This research shows that visual communication and lighting as aspects of store atmosphere positively and significantly affected customer purchasing intention.

 

Keywords: Atmosphere, Visual, Communication, Lighting, Intention

 

Abstrak

Suasana toko adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh pemilik bisnis guna menarik minat beli konsumen dan mengembangkan usahanya. Menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik, dan memberikan kenyamanan bagi konsumen saat berada di dalam toko merupakan strategi untuk mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko khususnya komunikasi visual dan pencahayaan terhadap minat beli pelanggan Uniqlo di indonesia. Adapun populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pria dan wanita berusia 15-64 tahun yang pernah berkunjung ke gerai Uniqlo yang ada di Indonesia. Dari populasi tersebut, ditentukan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang selanjutnya diisi oleh responden. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS dengan metode analisis regresi linear berganda. Dari penelitian ini, diketahui bahwa komunikasi visual dan pencahayaan sebagai aspek dari suasana toko berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli pelanggan.

 

Kata kunci: Suasana, Komunikasi, Visual, Pencahayaan, Minat Beli

References

Adoko, D., & Yuliyanto, E. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware ). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(2).

Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado. Jurnal EMBAL: Jurnal Riset Ekonomi, Malnaljemen, Bisnis Daln ALkuntalnsi, 7(1).

Anas, A. (2019). Pengaruh Kenikmatan Makanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Sate Padang Kupak. Jurnal Ilmiah Maksitek Vol 4. No. 2, Juni 2019.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Banat, A., & Wandebori, H. S. T. (2012). Store Design and Store Atmosphere Effect on Customer Sales per Visit Economics, Management and Behavioral Sciences.

Berman, Barry, Joe R. Evans, Patrali Chatterjee (2018) Retail Managament A Strategic Approach, Edisi 13, Global Edition, UK: Pearson.

Cahya, B. O., Reza, T. S., & Nurbaiti, D. (2021). The Influence of Store Atmosphere and Prices on Purchase Decisions Case Study at Identic Coffee Jakarta Pusat. In Majalah Ilmiah Bijak (Vol. 18, Issue 2). http://ojs.stialmi.alc.id.

Detanatasya, K., & Maridjo, H. (n.d.). Analysis of the Effect of Store Atmosphere, Price Discount, and Sale Person on Impulse Buying, with Shopping Lifestyle and Emotional Response as Mediation Variables Study on UNIQLO Products Consumers in Yogyakarta. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4332.

Elpanso, E., Helmi, S., & Lestari, A. (2022). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Membeli Produk UMKM Di Kota Palembang dengan Brand Image dan Brand Quality Product Sebagai Mediasi. MBIA, 21(2), 140-148.

Ester, M., & Agus, A. A. (2023). Pengaruh Fashion Influencer Terhadap Warna Busana Generasi Z. COSTING: Journal of Economic, Bussines and Accounting, 7(1), 1487-1509.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikalsi Anallisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haberland, M. F. (2010). The power of scent: Empirical field studies of olfactory cues on purchase behavior. Doctoral dissertation, University of St. Gallen

Hidayat, T. (2018). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Distribution Store Inspired27 Kota Malang). Skripsi: Universitas Brawijaya.

Hussain, R., & Ali, M. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, 7(2). https://doi.org/10.5539/ijms.v7n2p35

Iman, D., Zainul, K., & Kholid Mawardi, AL. M. (2015). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). In Jurnal Administralsi Bisnis (JALB)|Vol (Vol. 24, Issue 1).

Jiputra, J. A., Tarigan, Z. J. H., & Siagian, H. (2020). The effect of information technology on retailer satisfaction through supply chain management practices and retailer-distributor relationship in modern retailer Surabaya. International Journal of Business Studies, 3(2), 126-134.

Julianti, N. L., Nuridja, I. M., & Meitriana, M. A. (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. Jurnal pendidikan ekonomi Undiksha, 4(1).

Kasmad. (2022). Analysis of Purchase Decision Estimates Based on Store Atmosphere and Affordable Prices. In AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis (Vol. 2, Issue 1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. In Marketing Management.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Levy, M., & Weitz, B. AL. (2012). Retailing Management Information Center. New York: McGraw Hill Higher Education.

Marilyn, Marilyn (2022) Pengaruh Komunikasi Visual Cantik Fest pada Tokopedia terhadap Minat Beli Konsumen Wanita di Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

Mondol, E. P., Salman, N. A., Rahid, A. O., & Karim, A. M. (2021). The Effects of Visual Merchandising on Consumer’s Willingness to Purchase in the Fashion Retail Stores. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(7), 386–401.

Nasution, S. (2012). Metode Resealrch: Penelitian Ilmiah. Ed. 1, Cet. 13. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. Mbia, 20(1), 40-50.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.

Sinambela, Lijan. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar,(2020). Pengalruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Swalayan Sena Rebung Bangkejeren Gayo Lues. In Jurnal Ilmiah Manajemen Galus (Vol. 1, Issue 1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, A., & Paliyang, Z. (2022). Analysis Of Factors Affecting Interest To Buy (Case Study: Wuling Conferto Car in Bekasi). 11, 260–269. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnadms

Tobroni, M. B. (2022). Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 131-141. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i2.5728.

Trihudiyatmanto, M., (2022). Analisis Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(4).

Utami, Cristina Whidya. (2017). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel di Indonesia, Jakarta: Salemba empat.

Victoria, Agatha Olivia (2023). Survei BI perkirakan penjualan eceran Desember 2022 tumbuh positif. Antara News. Diakses dari: https://www.antaranews.com/berita/3342954/survei-bi-perkirakan-penjualan-eceran-desember-2022-tumbuh-positif

Wulandari, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Transportasi Migo di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 8 No 2 Tahun 2020.

Yacoub, A., (2015). Pengaruh Exterior, General Interior, Store Layout Dan Interior Display Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Agung Jaya Elektronik Di Tenggarong. In JEMI (Vol. 15, Issue 1).

Yuana, D., & Wahyuati, A. (2018). Pengaruh Harga, Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(12).

Copyright Disclaimer

Copyright for this article is retained by the author(s), with first publication rights granted to the journal.

Published
2024-05-13
How to Cite
Syawal, M., Malik, A., & Riana, M. (2024). The Effect of Visual Communication and Lighting on Uniqlo Customers’ Purchasing Intention. MBIA, 23(1), 20–30. https://doi.org/10.33557/mbia.v23i1.2970
Section
Articles
Abstract viewed = 232 times
pdf : 189 times