Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan

  • Irfan Wahyudi Pratama A Universitas Negeri Makassar
  • Romansyah Sahabuddin Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar
  • Uhud Darmawan Natsir Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar
  • Burhanuddin Burhanuddin Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar
  • Zainal Ruma Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar
Keywords: Leadership Style, Service Quality, Employee Performance

Abstract

This study aims to determine the effect of leadership style and service quality on employee performance at PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Bulukumba Branch Office. This research variable includes leadership style, service quality, and employee performance. This type of research is quantitative associative. The population has 44 employees at PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Bulukumba Branch Office. The sampling technique used was saturated sampling with a sample size of 44 respondents, namely the entire population. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires to employees. Data analysis techniques were simple regression with the help of SPSS software version 25. The results of this study indicate that leadership style and service quality have a positive and significant effect partially on employee performance at PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Bulukumba Branch Office. Simultaneously, the influence of leadership style and service quality significantly affects employee performance at PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Bulukumba Branch Office.

 

Keywords: Leadership Style, Service Quality, Employee Performance

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bulukumba. Variabel Penelitian ini terdiri dari gaya kepemimpinan, kualitas pelayanan dan kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat asosiatif. Adapun populasi dengan jumlah 44 karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bulukumba. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 44 responden yaitu keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada karyawan. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan secara parsial pada kinerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bulukumba. Secara simultan pengaruh gaya kepemimpinan dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bulukumba.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan, Kinerja Karyawan

References

iawaty, S. (2020). Dimensi dan indikator kepemimpinan dan budaya organisasi yang mempengaruhi pemberdayaan. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 397-403.

Afifah, N. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Orientasi Pasar Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pdam Tirta Khatulistiwa Pontianak Kalimantan Barat. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 1(1), 1–23. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2017.v1.i1.2053

Batubara, S. S. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada departemen pengadaan PT Inalum (Persero). Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(1), 40-58.

Ghufron, G. (2020). Teori-Teori Kepemimpinan: Leadership Theories. Fenomena, 19(1), 73-79.

Hasanah, U., Firmayasari S, Dian., Nisardi, M. R., & Harianto. (2023). Analisis Teori Antrian Multi Channel Single Phase pada Pelayanan Teller PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Utama Bulukumba. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 329-335.

Herlambang, S. (2016). Pengantar Manajemen cara mudah memahami ilmu manajemen. Gosyen Publishing

Hijri, S. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap motivasi kerja serta dampaknya pada kinerja pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Aceh Barat. Tesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis: Universitas Syiah Kuala.

Jayanti, K. T., & Wati, L. N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Karyawan. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(1), 71-88.

Kartono, K. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. edisi ke-20. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles Of Marketing (14th ed.). Prentice Hall Pearson.

Kurniawan, R., & Hazir, A. Y. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Yang Berdampak Pada Prestasi Kerja. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 115-134.

Maryati, S., & Siregar, M. I. (2022). Kepemimpinan Digital dalam meningkatkan kinerja organisasi peran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 3616-3624.

Medah, M. H., Foeh, J. E. H. J., & Manafe, H. A. (2023). Pengaruh Motivasi, Mutasi dan Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(4), 525–531. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Nurhadi, N. (2020). Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 137-150.

Nurrofi, A. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Departemen Produksi Pt. Leo Agung Raya Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 3(1).

Sutheja, N. A. G. & Devie (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Keuangan melalui Pemberdayaan Karyawan dan Kualitas Layanan pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Surabaya. Business Accounting Review, 4(1), 421-432.

Purwanti, A., & Wahdiniwaty, R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kewajaran Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cinderella School Of English For Children Di Bandung. JIMM UNIKOM, 62–75.

Raza, S. A., & Sikandar, A. (2018). Impact of leadership style of teacher on the performance of students: An application of Hersey and Blanchard situational model. Bulletin of Education and Research, 40(3), 73-94.

Robbins, S. P. (2016). Perilaku Organisasi (Edisi Kese). PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Santhi, N. H., & Hartati, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja dan Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Humanitas, 4(1), 1–15.

Suntara, R. A., & Hijran, M. (2023). Implementasi Teori Kontingensi dalam Eskalasi Efektivitas Kepemimpinan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 7(6), 3406-3419.

Tamami, S. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Sekretariat Dprd Kota Batam ). Jurnal Dimensi, 4(1), 1–25. https://doi.org/10.33373/dms.v4i1.69

Tasbih, N., Madani, M., & Nasrulhaq, N. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Di Desa Tanete Kecamatan Bontomatene Kabupaten Selayar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(2), 672-684.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip. Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2017). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV. Andi Offset.

Zeithaml, V. ., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Service Marketing-integrating customer focus across the firm (5 ed). McGraw-Hill.

Published
2024-07-24
How to Cite
Pratama A, I., Sahabuddin, R., Natsir, U., Burhanuddin, B., & Ruma, Z. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan. MBIA, 23(1), 122–133. https://doi.org/10.33557/mbia.v23i1.2978
Section
Articles
Abstract viewed = 215 times
pdf : 39 times