Faktor yang Menciptakan Keputusan Pembelian Online pada Bukalapak
Abstract
The large number of companies offering online sales has resulted in very tight online business competition. Based on the Top Brand Index online buying and selling in 2021-2023, purchases at Bukalapak tended to decline from 9.5% in 2021 to 8.1% in 2022 and even lower to 4.7% in 2023, so that through this study we will analyze the influence of social media, trust and perceived benefits on online purchasing decisions at Bukalapak in Semarang City. The population of this study is consumers who buy products online at Bukalapak. The type of data used is primary data. The data collection method uses a questionnaire. While the analysis technique used is multiple regression analysis. The results of the analysis show that social media has been shown to have a positive and significant effect on purchasing decisions. trust has been shown to have a positive and significant effect on purchasing decisions. perceived benefits have been shown to have a positive and significant effect on purchasing decisions. Based on simultaneous tests, it shows that social media, trust, and perceived benefits have an effect on purchasing decisions together. And the coefficient of determination value shows that the influence of social media, trust, and perceived benefits on purchasing decisions is 75.2% while the remaining 24.8% is influenced by other factors outside this study.
Keywords: Social Media, Trust, Perceived Benefits, Purchase Decisions.
Abstrak
Banyaknya perusahaan yang menawarkan penjualan secara online mengakibatkan persaingan bisnis online menjadi sangat ketat. Berdasarkan Top Brand Index jual beli online tahun 2021 – 2023 pembelian di Bukalapak cenderung menurun dari 9,5% tahun 2021 menjadi 8,1% tahun 2022 dan bahkan lebih rendah lagi menjadi 4,7% pada tahun 2023, sehingga melalui penelitian ini akan menganalisis pengaruh media sosial, kepercayaan dan persepsi manfaat terhadap keputusan pembelian online pada Bukalapak di Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk secara online di Bukalapak. Jenis data yang digunakan adalah data primer, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. kepercayaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. persepsi manfaat terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji simultan menunjukkan media sosial, kepercayaan, dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama. Dan nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh media sosial, kepercayaan, dan persepsi manfaat terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 75,2% sedangkan sisanya 24,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Kata kunci: Media sosial, Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Keputusan Pembelian
References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Rajawali Pers.
Adyas, D., & Ainurahmah, R. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Indomaret Di Rest Area KM 35 Sentul Kabupaten Bogor. Jurnal Economicus, 13(2), 135 – 144.
Amin, A. M., & Hendra. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di LAZADA.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Amirullah. (2021). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran: Disusun Sesuai Rencana Pembelajaran Semester. Indonesia Pustaka.
Andriani, N. (2023). Manajemen Merek: Strategi dan Pengembangannya (1st ed.). Eureka Media Aksara.
Astutik, Y. (2019). Bukalapak Raih Penghargaan The Best E-Commerce 2019. Https://Www.Cnbcindonesia. Com/Market/20191204134900-17- 120221/Bukalapak-Raih-Penghargaan-the-Best-e-Commerce-2019.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginting, N. F. H. (2023). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Yrama Widya.
Husein, Y., Isyanto, P., & Romli, A. D. (2021). Keputusan Pembelian Aplikasi Dompet Digital Ovo Pada. Journal For Management Student (JFMS), 1(1), 1–9.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran. (13th ed.). Erlangga
Lovelock, C. H., & Wright, L. K. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Indeks.
Luthfiyatillah, Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 101 – 115.
Nurmalasari, L. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada UMKM Bidang Kuliner). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288– 300. https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.405
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Salemba Empat.
Pratiwi, Y. N., Wardiningsih, S. S., & Sumaryanto. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada (Survei pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80.
Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Studi Kasus Layanan Gopay. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818–828. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p818-828
Putri, N. I. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Studi Kasus Layanan Gopay. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 4(1), 25–33. https://doi.org/10.36782/jemi.v4i1.2162
Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181– 1187. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108
Riyanto, K., & Suriyanti. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Desain Website Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada tiket.com Di Bekasi. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 42–47. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jpi/article/view/803/550
Salsabila, H. Z., Susanto, P. H., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.442
Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna nstagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11. http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi (1st ed.). Andi.
Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran. Strategik Bank Di Era Global : Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah (1st ed.). Prenadamedia Group.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran (1st ed.). Andi.
Wardani, A. S. (2017). Bukalapak Raih Penghargaan Bergengsi di Asia Pasifik. Https://Www.Liputan6.Com/ Tekno/Read/3122173/Bukalapak-Raih- Penghargaan-Bergengsi-Di-Asia-Pasifik.
Wolok, T. (2023). Model Pengembangan Pemasaran Jasa: Cara Mudah dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (1st ed.). Eureka Media Aksara
pdf : 17 times
Copyright (c) 2024 Alfonsus Rendy Rustanto, Ayu Nurafni Octavia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.