Mengungkap Penentuan Harga Jual Pada Kedai Kopi Studi: Fenomenologi
DOI:
https://doi.org/10.33557/26131m93Keywords:
Phenomenology , Selling Price, Coffee Shop, Customer LoyaltyAbstract
MSMEs in Indonesia have experienced a significant increase. One of the most popular MSMEs is coffee shops. The number of coffee shop businesses has led to intense business competition. One of the elements that affect business sustainability is the selling price. Therefore, coffee shop business owners must be able to determine the selling price of their products appropriately to survive amid intense business competition. This study aims to reveal the experiences of coffee shop owners related to making selling price decisions. This research uses the interpretive paradigm and phenomenology as a methodology. Data collection techniques were carried out by observation, documentation, and in-depth interviews with Kawape Coffee coffee shop owners. The results showed that based on the informant's most profound awareness, the Kawape Coffee coffee shop owner determines the selling price of his product by prioritizing the value of customer loyalty. Suppose the owner wants to increase the selling price as a form of intelligence in dealing with rising raw material prices. In that case, the owner conducts a price poll through Kawape Coffee's Instagram story to involve customers in decision-making. This method increases sales, so the owner has confidence in Kawape Coffee's business continuity. This research contributes by offering additional insights into the determination of selling prices in the MSME sector, particularly coffee shops, which are not only cost-based but also consider customer preferences.
Keywords: Phenomenology, Selling Price, Coffee Shop, Customer Loyalty
Abstrak
UMKM di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu UMKM yang banyak diminati adalah kedai kopi. Banyaknya usaha kedai kopi menimbulkan persaingan bisnis yang ketat. Salah satu unsur yang mempengaruhi keberlangsungan usaha adalah harga jual. Oleh karena itu, para pemilik usaha kedai kopi harus bisa menentukan harga jual produknya dengan tepat agar dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman pemilik kedai kopi terkait pengambilan keputusan harga jual. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dan fenomenologi sebagai metodologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan pemilik kedai kopi Kawape Coffee. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan kesadaran terdalam informan selaku pemilik kedai kopi Kawape Coffee menentukan harga jual produknya dengan mengedepankan nilai keloyalan pelanggan. Jika ingin menaikkan harga jual, sebagai wujud kecerdasan dalam menyiasati kenaikan harga bahan baku, pemilik melakukan polling harga melalui instagram story Kawape Coffee untuk melibatkan pelanggan dalam proses pengambilan keputusan. Metode tersebut berperan dalam meningkatkan penjualan, sehingga pemilik memiliki kepercayaan diri atas kelangsungan usaha Kawape Coffee semakin membaik. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menawarkan wawasan tambahan tentang penentuan harga jual di sektor UMKM, khususnya kedai kopi, yang tidak hanya berbasis biaya tetapi juga mempertimbangkan preferensi pelanggan.
Kata kunci: Fenomenologi, Harga Jual, Kedai Kopi, Loyalitas Pelanggan
References
Abadi, L. Y. (2016). Evaluasi Strategi Penetapan Harga Jual Dalam Bisnis Gourmet Land Cafe. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1, 112–117.
Alfinasari, S., & Purnomo, H. (2022). Analisis Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Kedai Romo Kopi Kediri).
Anurrizky, F., Unsi, F., Robi’, U., Dewanti, F. P., Al-Farizi, S., Teguh, A., & Mashuri, S. A. (2024). Penetapan harga pedagang kecil: perspektif fenomenologi di bumi perkemahan bedengan. 6(1).
Asmi, I., & Permata, S. (2020). Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pusat Kuliner Di Jalan Tondong Kecamatan Sinjai Utara. Adz Dzahab Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 36–44. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/adz-dzahab
B. Indayani. (2019). Penentuan Harga Pokok Produksi Sutera Mandar Ditinjau Dari Perspektif Fenomenologi. Management Development and Applied Research Journal), 1(2), 53–61.
Bahri, R., & Rahmawaty. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk (Studi Empiris Pada UMKM Dendeng Sapi Di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 4(2), 344–358.
Barokah, S., Andina, A. N., & Anggiany, Z. (2020). Strategi Adaptif Kedai Kopi “Coffeebreak” Purwokerto Dalam Upaya Menyongsong New Normal. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1, 150–160.
Efendi, A. R. (2018). Analisis Strategi Penetapan Harga Jual Ditinjau Dari Harga Pokok Produksi Pada Perusahaan Aliff Catering. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 392–399.
Fatih, M. R. I., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Kopi Kawula Muda Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(10), 2756–2774. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.902
Gredyon, A., & Sari, W. P. (2018). Kopi dan Bauran Pemasaran (Studi Fenomenologi Kedai 9 Cups Coffee and Roastery). Prologia, 2, 250–256.
Hernani, A. R., & Masrunik, E. (2021). Pincuk Sebagai Metode Penetapan Harga Jual (Studi Fenomenologi Pada Penjual Nasi Pecel Di Blitar). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 55–59. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb
Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Irawati, L., Kertayoga, I. P. A. W., & Zaini, M. (2024). Internal and External Factors Competitiveness of Sinia. Co Coffee Shop in Lampung Province. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 9(1), 88–94. https://doi.org/10.37149/jia.v9i1.1118
Kamayanti, A. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan (A. D. Mulawarman, Ed.; Edisi Revisi). Penerbit Peneleh.
Lukito, W., Prabawa, B., & Swasty, W. (2021). Peningkatan Daya Saing UMKM Minuman Olahan Kopi Melalui Strategi Branding (Studi Kasus: Laskar Kopi Arjasari). Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10.
Magfirah, W., Rismawati, & Rusli, A. (2023). Penetapan Harga Jual Pada Kain Tenun Berbasis Kearifan Lokal Budaya Toraja. JURNAL EKONOMI & EKONOMI SYARIAH, 6(2), 1410–1417. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1128
Mariani, A. S., Rakhman, A., Widjojokusumo, E., Soetanto, G., & Leonardi, J. (2024). Exploring the Dynamic Capabilities Pattern in Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs): A Phenomenological Study of MSME stagnancy in Indonesia. Jurnal Syntax Admiration, 5(7), 2432–2446.
Mauliyah, N. I., & Kirom, E. A. (2018). Strategi Penentuan Harga Jual Sayuran Pada Pedagang Pasar Tradisional (Studi Fenomenologi Pedagang Sayur Di Blitar). Jurnal Ecoment Global, 3, 76–82.
Noviasari, E., & Alamsyah, R. (2020). Peranan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pendekatan Full Costing Dalam Menentukan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Studi Kasus pada UMKM Sepatu Heriyanto. JIAKES: Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8, 17–26.
Nurhidayah, M., Afif, M. N., & Aziz, A. J. (2024). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Dalam Menentukan Harga Jual Pada CV. Savira Sukabumi. Jurnal Spektrum Ekonomi, 7(7), 136–145.
Pasolo, F., Akbar, M. A., Sutisman, E., & Imaduddin. (2023). The Role of Digital Platforms in Increasing MSME’s Sales. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 153–162. https://doi.org/10.33096/jmb.v10i1.487
Prasdika, D., Auliyah, R., & Setiawan, A. R. (2018). Menguak Nilai Dan Makna Di Balik Praktik Penentuan Harga Sewa: Studi Fenomenologis Pada Pengusaha Kos-Kosan. Jurnal InFestasi, 14(1), 40–56.
Prihaswara, A., Abubakar, & Mahatmayana, I. K. M. (2024). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh di Kedai Dichaian di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Journal of Business Economics and Agribusiness, 1(3), 1–14. https://doi.org/10.47134/jbea.v1i3.367
Purwanto, E., & Watini, S. S. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual (Studi Kasus Unit Usaha Regar Fruit). Journal Of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248–253.
Qutsiyah, I., & Faisal, Moh. (2021). Praktik Akuntansi Pada Usaha Bonsai Cemara Udang Di Batang-Batang. Journal of Accounting And Financial Issue, 2, 47–58.
Rimansyah, S. (2021). Makna Laba Bagi Pelaku UMKM (Studi Fenomenologi pada UMKM di Dusun Karang Jaya, Desa Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat).
Sakri, N., Majid, J., & Juardi, Muh. S. S. (2018). Mengungkap Informasi Akuntansi Usaha Kecil (Sebuah Studi Fenomenologi). Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban , IV(2), 75–100.
Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53.
Shantilawati, I., Anindya, A., & Suryadi, I. (2024). Penerapan Pricing Strategy Dalam Manajemen Bisnis Pada UMKM (Studi Kasus Kopi Janji Jiwa). JURNAL LENTERA BISNIS, 13(2), 929. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1065
Solikatun, Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsum Si Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsum Si: Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi, 60–74.
Suryani, C. D., & Kristiyani, D. N. (2021). Studi Fenomenologi Pada Gaya Hidup Baru Anak Muda Sebagai Pengunjung Coffee Shop di Kota Salatiga. PRecious: Public Relations Journal, 1, 178–201.
Wahyudi, A., & Masrunik, E. (2019). Penentuan Harga Jual Dengan Metode Entong Pada Penjual Jenang (Studi Fenomenologi Pada Penjual “Jenang” Desa Ngembul Kecamatan Binangun). Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12, 73–81. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i1.720
Yustitia, E., & Adriansah. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 1–9.
Zulkifli, K. (2021). Makna Akuntansi Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). RISTANSI: Riset Akuntansi, 2, 1–11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rafli Fahreza, Ayudia Sokarina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.