Takhayul pada Produk terhadap Kinerja Pemasaran

  • Adek Adek Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya
  • Agung Kwartama Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya
  • Sumiyatiningsih Sumiyatiningsih Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya
  • Didik Indriawan Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya
Keywords: Takhayul, Kinerja pemasaran, Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh takhayul terhadap kinerja pemasaran yang dimoderasi  produk. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pemilik bisnis yang  percaya takhayul untuk  produk. Sampel penelitiannya  adalah 200 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purpose sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.  Metode penelitian  yang digunakan adalah statistik deskriptif menggunakan aplikasi Lisrel versi 8.80 untuk mengolah dan menganalisis data Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh yang signifikan takhayul  terhadap produk; pengaruh yang signifikan takhayul produk terhadap kinerja pemasaran; tidak adanya pengaruh yang signifikan takhayul terhadap kinerja pemasaran.

References

Evgeny, A. Antipov dan B Elena Pokryshevskaya, (2015). Are Buyers of Apartments Superstitious? Evidence from the Russian real estate market, Journal of Judgment and Decision Making. ISSN 1930-2975. Vol.10 No.6 pages 590-592.
Fortin, Nicole M, Andrew J. Hill, dan Jeff Huang. (2014). Superstition in the Housing Market, economic Inquiry, Vol.52 Issue 3, pages 974-993.
Grønholdt L dan Martensen, A. (2006). Key Marketing Performance Measures. The Marketing Review, Vol. 3, pages 243-252.
Gronroos, Christian. (2011). Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition, 3rh ed. John Wiley and Sons.
Alias A; Hamsani D.F; S.J.L. Chua dan S.M Zaid. (2014). Psychologically Impacted Houses-Superstitions and Marketability Problems, Journal of Building Performance. ISSN: 2180-2106. Vol.5 no 1 pages 34-48
Hogendoorn, Willem. 1993. Paranormal: Kenyataan dan Gejala dalam Kehidupan, Dahara Prize, Semarang.
Kaur, Jaspreet dan Chawla, Roopkamal. 2016. Impact Of Culture on Marketing Strategies, Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), ISSN: 2454-1362. Vol 2, Issue 3.
Koentjaraningrat. 2013. Pengantar ilmu Antropologi, Cetakan ke IX penerbit Aksara Baru, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran (Edisi ketiga Belas), Cetakan Ketiga: PT. Indeks. Jakarta.
Kramer, Thomas dan Lauren, Block. 2008. The effect of Superstitious Beliefs on Performance Expectations. Journal of Academy of Marketing Science, ISSN1552-7824. Vol. 37 pages 161-169.
Levitt, E. E. (1952). Superstitions: twenty-five years ago and today. The American Journal of Psychology, ISSN 1939-8298. Vol. 65(3), pages 443-449.
Sen, Mehmet dan Ezgi Yesilyurt. (2014). The Development of the Paranormal Belief Scale (PBS) for Science Education in the Context of Turkey. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, ISSN 1464-5211. Vol. 2, No.2, Pages 107-115.
Sekaran, Uma dan Bougie Roger, 2013. Research Methods For Business: A Skill-Building Approach.Sixth Edition, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.
Selamet, Franky dan Tunjungsari, H.Karunia. (2012). Pengaruh Takhayul terhadap Kesediaan Memberi yang Dimoderasi oleh Informasi Produk.. NCFB-V-FB-Universitas Katolik Widya Mandala-Surabaya,ISSN: 1978-6522. Vol.5 pages 292-302
Shum, Matthew; Wei Sun dan Guangliang Ye. 2013. Superstition and Lucky apartments; Evidence from transaction- level data, Journal of Comparative Economics, ISSN: 0147-5967.Vol 42 Issue.1, pages 109-117.

Stanton, William J. (2008). Fundamental of Marketing, Mc. Graw Hill Inc
Wang, Jian Yong; M.D Hernandez; M.S. Minor dan Jie Wei. (2012). Superstitious Belief in Consumer Evaluation of Brand Logos. Europen Journal of Marketing. ISSN: 0309-0566 Vol 46 No.5 pages 713-732.
Wang, Y; Goodfellow R and Zhang X. (2000). Business Culture China, diterjemah; Soetikno, J, Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia.
https://kaltim.tribunnews.com/2015/10/15/tak-sekedar-lafaz-allah-ternyata-motif-sandal-ini-kaligrafi-al-ikhlash?
Published
2019-11-27
How to Cite
Adek, A., Kwartama, A., Sumiyatiningsih, S., & Indriawan, D. (2019). Takhayul pada Produk terhadap Kinerja Pemasaran. MBIA, 18(3), 30–40. https://doi.org/10.33557/mbia.v18i3.672
Section
Articles
Abstract viewed = 447 times
3 : 513 times