Pengaruh Instagram Sebagai Social Media Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Wanita Karir Di Kota Pekanbaru

  • Nurrahmi Hayani UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Ikbal UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: instagram, social media marketing, consumptive behavior

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Instagram as social media marketing on consumer behavior. The population in this study were all career women in Pekanbaru with an age range of 17 to 45 years and had used Instagram as a medium for shopping or reference before making a product purchase. The sampling method in this study uses non random sampling with a purposive sampling technique. The data used are primary data and secondary data. The data analysis method used is a simple linear regression method. The results showed that Instagram as social media marketing had a significant effect on the consumptive behavior of career women in the city of Pekanbaru. The influence of Instagram as social media marketing on the consumptive behavior of career women in the city of Pekanbaru is shown by a coefficient of determination of 0.563. This shows that 56.3% of consumer behavior is influenced by social media marketing and the remaining 43.7% is influenced by other variables not used in this study.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Instagram sebagai social media marketing terhadap perilaku konsumtif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita karir di Kota Pekanbaru dengan rentang usia 17 hingga 45 tahun yang menggunakan Instagram sebagai salah satu media untuk berbelanja atau referensi sebelum melakukan pembelian suatu produk . Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonrandom sampling dengan teknik purposive sampling dimana teknik ini mengambil sampling dengan pertimbangan tertentu. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram sebagai social media marketing berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif  wanita karir di kota Pekanbaru. Besar pengaruh Instagram sebagai social media marketing terhadap perilaku konsumtif  wanita karir di kota Pekanbaru ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,563. Hal ini menunjukkan bahwa 56,3% Perilaku konsumtif di pengaruhi oleh social media marketing dan sisanya sebesar 43,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Kata kunci: instagram, social media marketing dan perilaku konsumtif

References

Barnes, S. (2015). Like, Follow, Share: Awesome, Actionable Social Media Marketing to Maximize Your Online Potential. Tycho Press. California

Baudrillard, J. (2017). The Consumer Society: Myths and Structures, Revised Edition. SAGE Publications Ltd. California.

Boer, K. M. (2014). Fenomena Situs Belanja Online Terhadap Pembentukan Karakter Konsumtif. Dalam Cyberspace and Culture: Melihat Dinamika Budaya Konsumerisme, Gaya Hidup, dan Identitas dalam Dunia Cyber. Editor F. G. Sukmono. Buku Litera. Yogyakarta.

Boveda-Lambie., A. & K. G, Lambeth. (2018). Being Yourself Online: Why Facebook Users Display Their Desired Self. Dalam The Dark Side of Social Media: A Consumer Psychology Perspective. Editor A. C. Scheinbaum. Routledge. New York.

Dharmmesta, B.S dan Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

Efendi, M. R., Wahyuni, S., Dan Zulianto, M. (2018). Pengaruh Facebook Sebagai Social Media Marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 12 (1): 82-92.

Gurnelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. McGraw-Hill. USA.

Khan, A. S. dan Jan, F. (2015). The Study of Organization Commitment and Job Satisfaction among Hospital Nurses. A Survey of District Hospitals of Dera Ismail Khan. Global Journal of Management and Business Research: A Administration and Management, Vol 15(1).

Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP. 4(1): 1-15.

Scheinbaum, A. C. (2018). A Framework for the Dark Side of Social Media: From Digital Drama to Digital Over Engagement. Dalam The Dark Side of Social Media: A Consumer Psychology Perspective. Editor A. C. Scheinbaum. Routledge. New York.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan. Alfabeta. Bandung.

Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27-35

Yulistara, A. (2013, juni 21). Ini Sebabnya Wanita Lebih Suka Belanja Ketimbang Pria. Retrieved Mei 30, 2015, Wolipop:http://wolipop.detik.com/read/2013/06/21/083511/2279764/1141/ini sebabnya-wanita-lebih-sukabelanja-ketimbang-pria.

Zarella, D. (2010). The Social Media Markeitng Books. PT Serambi Ilmu Semesta. Jakarta

https.//www.statista.com/statistics/272014/global-social-network-ranked-by-number-of-users (Diakses pada 19 Februari 2019)

http://sabilfeb.lecture.ub.ac.id/files/2014/03/social-marketing-final.pdf.

(Diakses pada 4 Februari 2019).

Published
2020-04-07
How to Cite
Hayani, N., & Ikbal, M. (2020). Pengaruh Instagram Sebagai Social Media Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Wanita Karir Di Kota Pekanbaru. MBIA, 19(1), 12–20. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i1.820
Section
Articles
Abstract viewed = 908 times
Download PDF : 1982 times