Analisis Implementasi Strategi Cost Leadership, Market Expansion, dan Business Process Streamlining Terhadap Kinerja PT Semen Baturaja (Persero) Tbk
Abstract
The purpose of the research is specific to obtain the analysis of Cost Leadership, Market Expansion, and Bussiness Process Streamlining strategy implementation in PT Semen Baturaja (Persero( Tbk) since 2017. This research analyzes the influence in partial and also simulant then to find out if there is a need to renew the company’s strategy in dealing with global competition. The research method uses a descriptive survey, field data collection using questionnaires and observation techniques. This research uses a mixed-method in the form of quantitative research that is equipped with qualitative data. Samples were taken as many as 100 people who are echelon I, II, III, and IV employees. Data processing using SERVO Analysis tools and SPSS software version 23. Testing data using the t-test, that the Cost Leadership strategy does not affect company performance with t count 1.341 <t table 1.661, there is the influence of Market Expansion strategy on company performance with t count 2.369> t table 1.661, there is the influence of the Business Process Streamlining strategy on company performance with t count 4,461> t table 1,661 and simultaneously these three strategies affect company performance with an F count of 40,691> F table 2,699. The common thread of research is that the strategy of Cost Leadership, Market Expansion, and Business Process Streamlining must be carried out simultaneously to have a positive and significant effect on company performance and if implemented consistently, the three strategies are sufficiently capable in facing competition in the national cement industry
Abstrak
Tujuan penelitian secara khusus untuk mendapatkan hasil analisis pengaruh dari implementasi strategi Cost Leadership, Market Expansion, dan Bussiness Process Streamlining yang diterapkan di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk sejak tahun 2017. Analisis dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi strategi tersebut baik secara parsial maupun simultan serta untuk mengetahui apakah diperlukan pembaharuan strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan global. Metode penelitian menggukan survey deskriptif, pengumpulan data lapangan menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Penelitian ini menggunakan mix method berupa penelitian kuantitatif yang dilengkapi dengan data kualitatif. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang yang merupakan karyawan eselon I, II, III, dan IV. Pengolahan data menggunakan tools SERVO Analysis dan Software SPSS versi 23.
Pengujian data menggunakan uji t, bahwa strategi Cost Leadership tidak berpengaruh pada kinerja perusahaan dengan t hitung 1,341 < t tabel 1,661, terdapat pengaruh strategi Market Expansion terhadap kinerja perusahaan dengan t hitung 2,369 > t tabel 1,661, terdapat pengaruh strategi Bussiness Process Streamlining terhadap kinerja perusahaan dengan t hitung 4,461 > t tabel 1,661 dan secara simultan ketiga strategi tersebut mempengaruhi kinerja perusahaan dengan F hitung 40,691 > F tabel 2,699. Benang merah penelitian bahwa strategi Cost Leadership, Market Expansion, dan Bussiness Process Streamlining harus dilakukan secara simultan agar dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan dan apabila dijalankan dengan konsisten maka ketiga strategi tersebut cukup mumpuni dalam menghadapi persaingan di industri semen nasional.
Kata kunci: Kepemimpinan Biaya, Perluasan Pasar, Perampingan Proses Bisnis, dan Kinerja
References
Aliya, S., & Tobari, T. (2019) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk Palembang. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 4, No.1, 97-103.
Algifari, T. (2000). Pengaruh Analisis Regresi. BPFE, 3.
Andika, F., Kholil, M., Industri, T., & Jakarta, U. M. (2017). Bussiness Process Improvement Sebagai Dasar Perbaikan Proses Penerbitan Dokumen Work Completion Certificate ( WCC ) dengan Menggunakan Metode Streamlining di PT XYZ. Jurnal Ilmiah PASTI, VI(1), 50–57.
Andrews, K. R. (1985). Konsep Strategi Perusahaan.Erlangga, Jakarta.
Angraini, A. (2009). Usulan Perumusan Strategi Perusahaan dengan Analisis SWOT : Studi Kasus PT Saung Angklung Udjo. 4(l), 74–88.
Antero Sumsel, R. (2017). Strategi Inisiatif Tiga Gajah Jawab Persaingan Global. http://anterosumsel.com/2017/11/14/strategi-inisiatif-tiga-gajah-jawab-persaingan-global/, diakses pada 14 November 2017
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (2nd ed.). Rineka Cipta.
Armstrong, T. (2013). An overview of global cement sector trends. Insights from the Global Cement Report 10th Edition. XXX Technical Congress FICEM-APCAC, 2–26. htttp://www.cemnet.com
Brown, S., Lamming, R., Bessant, J., & Jones, P. (2005). Strategic Operations Management (Second). Elsevier Butterworth Heinemann.
Cresweel, K. (1993). The Case Study Approach. Business Communication Quarterly, 56(4), 46–48. https://doi.org/10.1177/108056999305600409
David, F. R. (2011). Strategic Management (Eric Svendsen (ed.)). Pearson Education.
Eddy Herjanto. (2003). Sains Manajemen. Grasindo.
Fadlilah, N. (2013). Pengaruh Strategi Kompetitif Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Supply Chain Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2011). Perbanas, 1.
Febrina, M. (2012). Perancangan Balanced Scorecard Sebagai Alat Untuk Review Strategi Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt “Sbp” Di Surabaya) Maria Febrina. 1(1), 97–102.
Fleisher, C. S., & Bensoussan, B. E. (2007). Bussiness Competitive Analysis. Paul Boger.
H.J. Harrington. (1995). Business Process Improvement and Innovation. McGraw-Hill Education.
Hamel, G., & Prahalad, C. K. (1995). Competing for The Future. Harvard Business Review
Indonesia, A. S. (2011). Cement Industry Review.
International Cement Review. (2011). Cement Overview.
Ireland, R. D., Hitt, M. A., Version, S., Hitt, M. A., Ireland, R. D., STACEY, M., Porter, M. E., Volberda, H. W., Morgan, R. E., Reinmoeller, P., Hitt, M. A., Ireland, R. D., Hoskisson, R. E., Education, S. T., Framework, S., Education, T., Development, P., Rothwell, W. J., Kazanas, H. C., … Voss, H. (2010). Strategic Framework for Teacher Education And Professional Development United States Agency for International Development. In Strategic Management - Competitiveness and Globalization (Vol. 89, Issue September). https://doi.org/10.4324/9780203380048_part_one
Kementerian Perindustrian. (2011). Cement Industry Outlook. https://doi.org/10.1155/2010/706872
Kumar, S. A., & Suresh, N. (2005). Production and Operations Management (Second). New Age International (P) Limited.
Kusuma, P., Prince, S., Surakarta, H., & Madiun, I. P. (2011). Perumusan Strategi Perusahaan Berbasis Balanced Scorecard …. 59–67.
Larasati, S. D., Wicaksono, S. A., & Wardani, N. H. (2017). Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement ( BPI ) ( Studi Pada Bagian Riset Pemasaran dan Pusat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(11), 1425–1432.
Makkulau, A., Hamzah, D., & Laba, R. (2017). Analisis Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Market Share dengan Menggunakan Pendekatan Analisis BMC dan SWOT Analysis pada PT Semen Tonasa. JBMI, 14, 149–159.
Matioson, O. (2016). Evaluasi Strategi Pada CV Mega Jaya Menggunakan SERVO Analysis. Agora, 4(1), 1–10.
Pearce, J., & Robinson, R. (2010). Strategic Management. McGraw-Hill Education.
Perindustrian, K. (2019). Industri-Semen-Diprediksi-Tumbuh-10-Persen, diakses pada 22 Juli 2019 @ kemenperin.go.id. http://kemenperin.go.id/artikel/11236/Industri-Semen-Diprediksi-Tumbuh-10-Persen, diakses pada 22 Juli 2019
Pondaag, T. O., & Soegoto, A. S. (2016). Evaluasi Strategi Promosi Dan Penjualan Terhadap Evaluation of Promotion Strategy and Sales Toward Competitive Advantage At. Emba, 4(2), 133–143.
Porter, A. (2009). Operations Management. Ventus Publishing.
Priyatno, D. (2009). Mandiri Belajar SPSS. Mediakom.
Putri, C. Y. (2015). Evaluasi Strategi Pengembangan Bisnis Penggilingan Gabah pada UD. Jaya Makmur di Jember. Agora, 3(1), 324–332.
Render, B., Munson, C., Needed, O. I., & Heizer, J. (2019). Operations Management. 1–6.
Richard B Chase. (1998). Production and Operations Management. https://doi.org/10.5465/amr.1977.4409133
Sarwono, J. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi (Cetakan Pe). Refika Aditama.
Srimindarti, C. (2004). Alternatif Pengukuran Kinerja. 3(1), 52–64.
Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures. Sage Publications, Inc. https://doi.org/10.1177/1350507600314007
Subagyo, S. (2020). Manajemen Operasi. BPFE.
Tanwar, R. (2013). Porter’s Generic Competitive Strategies. IOSR Journal of Business and Management, 15(1), 11–17. https://doi.org/10.9790/487x-1511117
Umar, H. (2002). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama.
Zeplin Jiwa Husada Tarigan. (2009). Pengaruh Impelemntasi ERP Terhadap Product DIfferentiation dan Cost Leadership Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Manufaktur Jawa Timur). Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(1), 11–15. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18081
Download PDF : 1100 times
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.