Analisis Penilaian Kinerja Pelayanan Publik Studi Kasus Kantor Camat Sako Kota Palembang Tahun 2018 (Berdasarkan Pedoman Permenpan No.7 Tahun 2010)

  • Maiza Fikri Dosen Tetap AMIK Bina Sriwijaya Palembang
  • Achmadi Irianto Camat Sako Kota Palembang
Keywords: Public services, performance, appraisal

Abstract

Maiza Fikri; Achmadi irianto: "Analysis of Public Service Performance Assessment Case Study at Head Office Sako Palembang Year 2018". This study is a study that refers to Perpemman No. 7 of 2010 which is the Public Service Performance Assessment Guidelines which in the last 4 Component Ratings. Methods This study used a qualitative descriptive study design with Mechanical Sampling Sampling is incidental to the year 2015. The results of this study showed that the Performance Assessment granted by the Public Service District Office Sako Palembang is the value of 50, which is perceived performance given Public Service Head Office Sako Palembang ie Most have been met and to explain the document. The conclusion from this study that the District Office as one of the government agencies that provide services to the community felt still less vibrant and well disegi need improvement of service quality to the satisfaction of the community as recipients of services and administrative documents as public agencies that provide services to the community

References

Anggraini Susana, 2012. Analisis Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Masyarakat Kelurahan Majapahit lubuk Linggau Timur Kota Lubuk Linggau. Universitas Bina Darma Palembang
Ariati Jati, 2011. Kesejahteraan Subjektif Dan Kepuasan Kerja Pada Staff Pengajar (dosen) Di Lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Di Ponegoro. Universitas Undip. Vol 8, No.2.
Buhali Giovany Anggasta. 2013. Pengaruh Work-Family Cobflict Terhadap Komitmen Organisasi; Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen, Vol 13, No. 1.
Dharmayanti Ratna, 2012. Pengaruh Konflik Keluarga-Pekerjaan, Keterlibatan Pekerjaan, Dan Tekanan Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Wanita.Studi Manajemen & Organisasi. Vol 3, No.2.
Direktorat Aparatur Negara, 2004. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Jakarta : Bappenas
Fahmi Irham, 2012. Manajemen Kepemimpinan Teori Dan Aplikasi, Bandung : Alfabeta.
Febriyadi, 2011. Analisis Kualitas Pelayanan KK dan KTP terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. Universitas Stisipol Chandradimuka Palembang.
Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media
Hasan M.Iqbal. 2001. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara.
Janefi Alfiah, 2013. Pengaruh Konflik Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Kepercayaan.Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Surabaya.
Kepmen PAN No. 25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Kepmen PAN No. 63/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum PenyusunanIndeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Kotler, Jilid 2, Manajemen Pemasaran. Elex Media Computindo. Jakarta..2006
Lesmana Andi, 2008. Analisis Kepuasan Nasabah terhadap Pelayanan Bank Mandiri Tbk di Bagian Ratail dan customer Risk Group. Melalui http://www.scribd.com/doc/22434385/Pelayanan Nasabah> (03-07-2008).
Limbong LO., 2010, Pengaruh Mutu Pelayanan Melalui http://repository.ipb.ac.id/../pengaruh%20mutu%20pelayanan.pdf (06-04-2011)
Mangkunegara, 2005.Analisis Pengaruh Konflik Pekerjaan Keluarga Terhadap Stress Kerja Dengan Dukungan Sosial Sebagai Variabel. Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.
Moenir, 2001, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara
Mote Frederik, 2008. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Pelayanan Publik di Puskesmas Ngesrep Semarang. Universitas Diponegoro.
Mulyanto,2009, Analisis Indek Kepuasan Masyarakat pada Perusahaan Air Minum Kota Surakarta (Studi Analisis 5 Kecamatan).
Naomi Prima, 2010. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Pelayanan Kesehatan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Semarang. Melalui << http://www.digilib.undip.ac.id/themes/libri2/detail.jps> (22-02-2011)
Nazir, Moh. ( 1988 ). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nur Saina, 2013. Konflik, Stress Kerja dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Universitas Khairun Ternate. Jurnal EMBA. Vol 1, No.3.
Onsardi, 2002.Pengaruh Tekanan Pekerjaan, Keterlibatan Pekerjaan, Konflik Keluarga Pekerjaan Dan Dukungan Sosial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Bengkulu. Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.
P.Ascarintya, 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Melalui Parasuraman A, Valarie A Zeithaml & Leonard L. Berry, 1994,” Reassesment of Expectation As A Comparison Standart In Measuring Servive Quality:Implications For Futher Research”, Journal Of Marketing, Vol 58, pp 111-124
Peraturan Daerah Nomor 30 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil. DUKCAPIL Palembang.
PERMENPAN No.7 Tahun2010 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pelayanan Publik
Prahasto Haryo. 2008. Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pelayanan KTP di Kecamatan Semarang barat). Melalui << http://www.digilib.undip.ac.id/themes/libri2/detail.jps> (11-05-2011).
Santosa Pandji. 2009. Administrasi Publik-Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung : Reflika ADITAMA
Soeharto Triana N.E.D, 2010. Konflik Keluarga Pekerjaan Dengan Kepuasan Kerja. Fakultas Psikologi. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.Hal : 1189 : 194.
Soepatini dan Kussudyarsana, 2008.Pengaruh Karier Objektif Pada Wanita Terhadap Konflik Keluarga Pekerjaan Kasus Pada Universitas Surakarta. Jurnal Humaniora. Vol 9, No.2.
Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Adminitrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Manajemen, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sukesi, Rante. 2011. Analisis Konsekuensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat (Kajian pada Pengguna Pelayanan Publik Dinas Perhubungan&LLAJ Provinsi Jawa Timur. Melalui << http://www.digilib.undip.ac.id/themes/libri2/detail.jps> (22-02-2011)
Sutrisno Edy,2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada Medic Group.
Tjiptono,Fandy. 2000, Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono,Fandy.2011. Service Management Edisi 2.Yogyakarta : Andi
Wibowo, 2007.Manjemen Kinerja. Edisi Keempat. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Published
2019-01-25
How to Cite
Fikri, M., & Irianto, A. (2019). Analisis Penilaian Kinerja Pelayanan Publik Studi Kasus Kantor Camat Sako Kota Palembang Tahun 2018 (Berdasarkan Pedoman Permenpan No.7 Tahun 2010). Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 1(1), 42-51. Retrieved from http://journal.binadarma.ac.id/index.php/BINAMANAJEMEN/article/view/125
Section
Articles
Abstract viewed = 300 times
5 : 294 times