Analisis Dampak Negatif Dari Terjadinya Konflik Antar Karyawan Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Kota Palembang
Abstract
This research was conducted to analyze the negative impact of the conflict between employees on life insurance with BumiPutera 1912 Palembang city. This research is a conflict researct between 3mployees, the aim is to find out whether in a company there are still frequent conflicts or not. This research uses a qualitative approach with a descriptive method, which is the social situation in this study where the office manager and employees are the actors under study, an analysis of the occurrence of conflicts between employees is the activity under study, and the city of Palembang is the place under study. Data collection was carried out. Based on the result of data analysis, it can be concluded that thare are two conflicts that often occur between employees, firs poor performance that hinders employee performance so that it seems between one employee and another employee will feel awkward and interfere with communication. So that often the occurrence of miss communication between one employee and another employee with interview, observation and documentation techniques.
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak negativ dari terjadinya konflik antar karyawan pada asuransi jiwa bersama bumi putera 1912 kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian konflik antar karyawan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah dalam suatu perusahan masih sering terjadi konflik atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang menjadi situasi sosial dalam penelitian ini adalah manager kantor dan karyawan sebagai pelaku yang diteliti, analisis terhadap terjadinya konflik antar karyawan adalah aktifitas yang di teliti, dan Kota Palembang adalah tempat yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada dua konflik yang sering terjadi antar karyawan, yangPertama, kinerja yang tidak baik sehingga menghambat kinerja karyawan sehingga terkesan tidak profesional.Kedua,sikap antara karyawan satu dengan karyawan lainnya akan merasa canggung dan membuat komunikasi terganggu sehingga sering terjadinya miss komunikasi antara karyawan satu dengan kryawan yang lain.
Kata kunci: Dampak, Konflik, Karyawan,
References
Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Pers. Ahmadi.(2009) Konflik Kerja Antar Karyawan Bandung: PT. Bumi Aksara.
Aldionita, Mella. (2014) Hubungan Konflik dan Stres Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bina Cipta Nusa Perkasa Bandar Lampung. Jakarta: Rajawali Pers
Arikunto,S. (2013). Sumber Daya ManusiaJakarta: Renika Cipta Arikunto,S. (2011). Sumber Daya ManusiaJakarta: Renika Cipta
Darwito. (2008). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan(Studi Pada RSUD Kota Semarang ). Tesis.Semarang: Universitas Diponegoro
Diansyah, Deni Nur. (2010) Pengaruh Job Stressor dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pekerja Umum Pemerintah Kota Surakarta. Bandung: Pustaka Setia
Handoko, Hani. (1994). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Cetakan Kedua puluh BPFE.
Handoko, Hani. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Cetakan Kedua puluh BPFE
Handoko. (2010). Pengaruh Konflik Terhadap Kinerja Karyawan Karyawan. Bandung: Pustaka Setia
Hasibuan, Malayu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara Hartatik. (2005) Konflik Kerja Antar Karyawan Bandung: PT. Cipta
Kurniasari. (2013) Pengaruh Konflik Peran Dan Stress Kerja Terhadap Karyawan PT. Glory Industrial Semarang. Jakarta: Erlangga
Gibson.(1985) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Bandung: Remaja Rosda Karya
Mardiyanti. A., & Aliya, S. (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Konflik di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Erafone Megastore Palembang. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Global Competitive Advantage, Palembang: 3 Oktober 2019. Hal. 283-291.
Nitisemito, Alex S. (1982). Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia
Rivai, Veitzhal. (2004) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan dari Teori ke Praktik
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winardi. (2007). Manajemen Prilaku Organisasi. Jakarta: Kencana
Wirawan. (2010). Konflik dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.
Y. Roboth. (2015) Cara Mengatasi Konflik Kerja Antar Karyawan. Jakarta: Bumi Aksara
Download PDF : 9900 times