Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu

  • Alvin Mariansyah Universitas Bina Darma
  • Amirudin Syarif Universitas Bina Darma
Keywords: Product Quality, Service Quality, Price, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality, service quality, and price on customer satisfaction at Cafe Kabalu Palembang. The sampling technique in this study used non-probability sampling using convenience sampling type. The sample used in this study were 100 respondents who were people who made purchases at the Kabalu Palembang cafe. The analysis method used is multiple linear regression. Hypothesis testing used the T test and F test. The results of the analysis are that product quality has not effected on customer satisfaction, meanwhile service quality and price have a positive and significant effect on customer satisfaction.

  Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh”kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen di Cafe Kabalu”Palembang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan memakai jenis convenience sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan orang-orang yang melakukan pembelian di cafe kabalu Palembang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

References

Adi, A. R. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Waroeng Spesial Sambal cabang Lampersari Semarang). Skripsi Publikasi, 75.

Apriyani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 7.

Basyith, D. F. (2018). Statistik. Palembang: Diktat.

Chamidah, L. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Exterior, dan Interior Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Caffe Jiero Wedangan Jl. Bali No. 17 Madiun). Jurnal Ekonomi Manajemen & Akuntansi, 10.

Desikasari. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makyung Martabak & Cafe Medan. Skripsi Publikasi, 56.

Fardiani, N. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery& Cafe Pandanaran Semarang. Skripsi Publikasi, 75.

Fitriani, E. (2020, Maret 11). Industri Kreatif Jadi Penopang Ekonomi Nasional. Retrieved from Investor Daily: http://investor.id (diakses tanggal 20 April 2020).

Juwito, D. D. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Garansi Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Gaya Remaja Indusrti Indonesia. Skripsi Publikasi, 130.

Kartika, G. &. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rolag Cafe Diponegoro Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 11.

Kesuma, K. T. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi Publikasi, 124.

Kristanto, O. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe One Eighteenth Coffee. Jurnal Manajemen, 11.

Liany, F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Minuman Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen di Yellow Truck Coffee Bandung. Skripsi Publikasi, 110.

Mariaty, W. &. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi Pada Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang-Pekanbaru). Jurnal FISIP, 10.

Muhaimin, A. (2018). Implementasi Social Learning Theory Albert Bandura Dalam Pembelajaran Fikih di MTs. DDI Paria Kabupaten Wajo. Skripsi Publikasi, 138.

Nurdiansyah, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek Adidas Di Bandar Lampung. Skripsi Publikasi, 63.

Pratama, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Word of Mouth (Studi Kasus Warung Spesial Sambal Cabang Bintaro 1). Skripsi Publikasi, 198.

Primadiawan, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus POS EKA Yogyakarta. Skripsi Publikasi, 135.

Putri, E. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Warda Cosmetics di Indonesia). Skripsi Publikasi, 161.

Roselina, A. (2019). Analis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang. Majalah Ilmiah Solusi, 14.

Setyo, E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 10.

Sintya, I. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA, 10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Publikasi, 241.

Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27-35.

Tarigan, P. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Kita-Kita Tour and Travel). Skripsi Publikasi, 143.

Wahyudi, M. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Suasana, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Lele Kepruk. Skripsi Publikasi, 111.

Wardani, U. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara). Skripsi Publikasi, 116.

Wijaya, V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Jurnal Manajemen, 8.

Windyandani. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Taman Koleksi Bogor. Skripsi Publikasi, 54.

Yusak, M. &. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 9.

Published
2020-09-01
How to Cite
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134–146. https://doi.org/10.33557/jibm.v3i2.1106
Section
Articles
Abstract viewed = 21372 times
Download PDF : 18603 times