Strategi Pemasaran Precast Beton Pada PT Wijaya Karya Beton,Tbk Wilayah Penjualan II
Abstract
This study aims to determine the right marketing strategy to be applied in PT Wijaya Karya Beton, Tbk. This research is an explanatory research in the form of applied research which is descriptive (explanation without hypothesis-testing) using a qualitative approach with an analysis focus on developing alternative strategies which are the priority to be implemented. The method of processing and analyzing data used in this study is an analysis of the internal and external environment. In the input stage (The Input Stage), IFE (Internal Factor Evaluation) and EFE (External Factor Evaluation) matrices are used. In the matching stage (The Matching Stage) used the IE Matrix (Internal-External) analysis tool and the SWOT matrix. From the analysis, it is concluded that the main strategy of PT Wijaya Karya Beton, Tbk Sales Area II is the SO (Strength Opportunities) strategy where this strategy uses all its strengths to take advantage of the opportunities that PT Wijaya Karya Beton, Tbk Sales Region II has. Namely: Improving the quality of Precast Concrete products, completeness of distribution facilities, payment terms, Precast Concrete product prices and delivery accuracy and low prices with the aim of expanding the market and building a factory in Palembang to cut distribution costs so that prices are more competitive. Consideration of the company's internal and external factors can be used as benchmarks for the progress of PT Wijaya Karya Beton, Tbk Sales Area II. Such as internal factors, namely the completeness of distribution facilities and field tests, and external factors recruiting experienced and educated experts to be able to compete with competitors.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diaplikasikan di PT Wijaya Karya Beton,Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) berupa penelitian terapan (applied) yang bersifat deskriptif (penjelasan tanpa adanya uji-hipotesis) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus analisa menyusun alternatif strategi mana yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan internal dan eksternal. Pada tahap pemasukan (The Input Stage) digunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation). Dalam tahap pemaduan (The Matching Stage) digunakan alat analisis Matriks IE (Internal-Eksternal) dan matriks SWOT. Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa yang menjadi strategi utama PT Wijaya Karya Beton, Tbk Wilayah Penjualan II adalah strategi SO (Strength Opportunities) dimana Strategi ini dengan menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki PT Wijaya Karya Beton,Tbk Wilayah Penjualan II. Yaitu : Meningkatkan kualitas produk Precast Beton, kelengkapan sarana distribusi, syarat pembayaran, harga produk Precast Beton dan ketepatan kirim dan harga yang murah dengan tujuan memperluas pasar serta Membangun pabrik di Palembang untuk memangkas biaya distribusi sehingga harga lebih mampu bersaing. Pertimbangan faktor internal dan eksternal perusahaan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan PT Wijaya Karya Beton,Tbk Wilayah Penjualan II. Seperti faktor internal yaitu kelengkapan sarana distribusi dan tes lapangan, dan faktor eksternal merekrut tenaga ahli yang berpengalaman dan berpendidikan bertujuan untuk bisa menyaingi competitor.
Kata kunci: Strategi Pemasaran; Matriks IE (Internal-Eksternal), SWOT, Bauran Pemasaran
References
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Assauri, Sofyan, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan,. Penerbit : Raja Grafindo, Jakarta
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ahmad Tanzeh. 2009. Pengantar Metode penelitian. Yogyakarta: Teras
Achmadi, Abu & Narbuko, Cholid. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Batubara, Iqbal. 2012. Teknologi Bahan (Beton Precast). Departemen Teknik Sipil : Medan.
Boon, Kurtz (2008). Contemporary Marketing ., New York: Sount-West Cengage Learning
Bryson, J. M., Ackermann, F., & Eden, C. (2007, Jul/Aug). Putting the ResourceBased View of Strategy and Distinctive Competencies to Work in Public Organization. Public Administration Review .
Berawi, M.A. et al. 2011. Application of Value Engineering at Design Stage in Indonesia Construction Industry. Proceeding of the 12th International Conference on QiR. Depok: Universitas Indonesia, hal. 2121-2126
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cravens, David W. 1998. Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.
Daryanto (2011). Manajemen Pemasaran : Sari KuLiah, (Cet.1). Bandung : Satu Nusa
Danang Sunyoto.2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Drs H. Indriyo Gitosudarmo, M.Com ; 2000 ; “Manajemen Pemasaran” ; Edisi ke-1; BPFE ; Yogyakarta
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Freddy Rangkuti. 2005. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Kodrat, David Sukardi. 2009. Manajemen Distribusi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kotler, Philip. (1997). Terjemahan Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli.. Manajemen Pemasaran Jilid I, Prenhallindo, Jakarta
Kotler, P. (2002). Terjemahan Hendra Teguh, Ronny A, Rusli dan Benyamin Molan. Manajemen pemasaran.Edisi Milenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip. & Kevin L. Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebelas).Marketing Management 12th Edition. New Jersey: Prentice Hall PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kasali, Rhenald. (1998). Segmentasi, Targeting dan Positioning. Gramedia Pustaka Utama
Lukiastuti Kurniawan, Fitri dan Muliawan Hamdani,, Manajemen Strategik dalam Organisasi, MedPress (Anggota IKAPI), 2008
Mellita, D., Aliya, S., & Elpanso, E. (2020). GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT AT CULLINARY SMALL BUSINESS: SOME NOTES TO CONSIDER. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(4), 512–521. https://doi.org/10.31933/DIJDBM
Mullins, Walker, Jr., Boyd, Jr. (2010). Marketing Management. Mc Graw Hill.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset, Bandung.
Purnama, Lingga. 2002. Strategic Marketing Plan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Reid, Dan Bojanic. 2006. Marketing For Hospitality And Tourism. Second Edition. Prentice Hall International, Inc.
Salusu, J. 2000. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Gramedia
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.33557/jibm.v3i1.826
Wulfram I Ervianto, ” Eksplorasi Teknologi Dalam Proyek Konstruksi ( Beton Pracetak dan Bekisting ), Yogyakarta, Andi Offset, 2006
Zimmerman, L.W. dan Hart, G. D. 1982. Value Engineering: A Practical Approach for Owners, Designers and Contractors. New York: Van Nostrand Reinhold Inc
Download PDF : 1450 times