ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA PALEMBANG

  • Rusmala Dewi Universitas Bina Darma
  • Wiwin Agustian Universitas Bina Darma
Keywords: sumber daya manusia, pelayanan, Kearsipan dan Perpustakaan

Abstract

The purpose of this study was to find out how human resources in improving services at the Office of Archives and Libraries of Palembang City. This study uses a qualitative descriptive analysis technique. Human resources at the Office of Archives and Libraries in the city of Palembang are employees who are very familiar with the ideal archiving and library system, have the skills, expertise and are able to make the archive and library system good. Empowerment through work positions with employee expertise has gone well because employees have been placed according to the skills they have even though they are not from library science. The accuracy of decision-making and trust have been given to employees to actively participate in the organization and work professionally.

 

Keywords: Human Resources, Service. Archives and Libraries

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sumber daya manusia dalam menigkatkan pelayanan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.  Sumber daya manusia pada Dinas Kearsipan dan perpustakaan  kota Palembang adalah pegawai yang sangat mengetahui sistem pengarsipan dan perpustakaan yang ideal, memiliki keterampilan, keahlian dan da mampu  untuk membuat sistem kearasipan dan perpustakaan mejadi baik. Pemberdayaan melalui posisi kerja dengan keahlian pegawai telah berjalan dengan baik karena para pegawai telah ditempatkan sesuai dengan skill yg dimiliki walaupun bukan dari keilmuan perpustakaan. Ketepatan pengambilan keputusan dan kepercayaan telah diberikan kepada pegawai  untuk berpartisipasi aktif dalam organisasi dan bertugas secara profesional.

 

Kata kunci : Sumber Daya Manusia, Pelayanan, Kearsipan dan Perpustakaan

References

Amstrong, M., and Taylor, S. 2014. Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice.

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Grasindo.

Khan. 2010. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016, Marketing Management. Pretice Hall, Inc.

Moenir. 2016. Maajemen pelayanan umum di Idonesia. Jakarta, Bumi Aksara.

Mulyadi dan Setyawan. 2005. Sistem perencanaan dan pengendalian manajemen Jakarta : Rineka Cipta.

Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implementasi, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sudaryo. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 05 tahun 2014, Tentang Aparatur Sipil Negara. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 6. Jakarta.

Veithzal Rivai Zainal, S. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi ke-7. Depok: PT. Rajagrafindo.

Published
2022-09-02
How to Cite
Dewi, R., & Agustian, W. (2022). ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 5(2), 51–57. https://doi.org/10.33557/jibm.v5i2.1873
Section
Articles
Abstract viewed = 522 times
pdf : 1267 times