KAJIAN STILISTIKA KUMPULAN PUISI "EMBUSAN ANGINMU" KARYA ENNY HIDAJATI

Main Article Content

Rida Sariq Sari
Enny Hidajati

Abstract

Abstract : Enny Hidajati is a lecturer and poet from Palembang. Enny was brn in Ngawi , East Java, on August, 26 1971. Enny has her own style (stylistic) which is very beaulful from the point of view of life. The collectionof poem studied is entitled “Embusan Anginmu” the problem studied in this study is how thestylistic styleof thecollectionof poems “Embusan Anginmu” is and how the leical, rhyming and figurative elements are. Therefore, this study aims to reveal the stylistic stylein the collection of poems “Embusan Anginmu”. This research is a library research using descriptive method. Theresearcher will eamine the poems in Enny’s poetry collection entitled “Embusan Anginmu” to determine the  theme of each poem, then they will be grouped according to the predetermined theme. After than the researcher will choose one of each poem that has been determined according to their respectivethemes. Then the researcher will determine the elements in each poem, namely lexical elements, rhyme and figure of speech.


 


Keywords:Poem, Stylistic, LexicalElemen, Rhime, Figure, Of Speech, Embusan Anginmu, Enny Hidajati, Learning


 


Abstrak : Enny Hidajati merupakan seorang dosen sekaligus penyair yang berasal dari Palembang. Enny lahir di Ngawi Jawa Timur, pada tanggal 26 Agustus 1971. Enny memiliki gaya bahasa (stilistika) tersendiri yang sangat indah dalam sudut pandang kehidupan. Kumpulan puisi yang diteliti berjudul “Embusan Anginmu” masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya stilistika kumpulan puisi “Embusan Anginmu” dan bagaimana unsur leksikal, rima dan majasnya. Oleh karena itu,   penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gaya stilistika dalam kumpulan puisi tersebut dan menentukan unsur leksikal, rima dan majas yang ada di dalam kumpulan puisi “Embusan Anginmu”. Penelitian ini berjenis penelitian perpustakaan dengan menggunakan metode deskripstif. Peneliti akan meneliti pisi-puisi yang ada didalam buku kumpulan puisi Enny yang berjudul “Embusan Anginmu”untuk menentukan tema pada tiap puisi, kemudian akan dikelompokkan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Setelah itu peneliti akan memilih satu dari setiap puisi yang sudah ditentukan sesuai dengan temanya masing-masing. Kemudian peneliti akan menentukan unsur-unsur pada setiap puisi yakni unsur leksikal, rima dan majas.


 


Kata kunci: Puisi, Gaya Stlistika, Unsur Leksikal, Rima, Majas, Embusan Anginmu, Enny Hidajati,

Article Details

How to Cite
Sari, R., & Hidajati, E. (2022). KAJIAN STILISTIKA KUMPULAN PUISI "EMBUSAN ANGINMU" KARYA ENNY HIDAJATI. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 15(1), 66–76. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v15i1.1839
Section
Articles