PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

(Studi Kasus pada PT Pertamina Marketing Operation Region II Palembang)

  • Ayu Nisa Universitas Bina darma
  • Muhamad Kumroni Universitas Bina darma
  • Hasmawaty AR Universitas Bina darma
Keywords: Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, kinerja karyawan

Abstract

Kinerja adalah hasi lkerjasecarakualitasdankuantitasyang dapatdicapaiolehseorang karyawan dalam melaksanakantugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Agar kinerja karyawan selalu konsisten maka harusmengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain adalah motivasi, disiplin dan lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi, disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Palembang.Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.Responden dalam penelitian adalah karyawan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Palembang berjumlah 80 orang. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa : (1). Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. (2). Disiplin berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. (3). Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. (4). Motivasi, disiplin dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan

Author Biographies

Ayu Nisa, Universitas Bina darma

Program Studi Teknik Industri

Muhamad Kumroni, Universitas Bina darma

Prodi Teknik Industri

Hasmawaty AR, Universitas Bina darma

Prodi Teknik Industri

References

Almustofa, Resa. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Pegawai Perum Bulog Divisi Regional Jakarta). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro: Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gustika, Ade. 2011. Rancangan dan Evaluasi Kinerja pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Serang dengan Balanced Scorecard. Skripsi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Hasmawaty et al. 2013.Panduan Penulisan Kerja Praktek dan Skripsi Fakultas Teknik. Palembang: Universitas Bina Darma Palembang.

Indraputra, Tengku dan Sutrisna, Endang. 2013. Disiplin, Motivasi, Budaya Kerda Dan Kinerja. Jurnal Administrasi Pembangunan, Volume 1, Nomor 3. Pekanbaru: FISIP Universitas Riau.

Nugroho, W.A. 2013.Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard (Studi Kasus PT. Wijaya Karya). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Published
2019-10-30
How to Cite
[1]
A. Nisa, M. Kumroni, and H. AR, “PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN”, jtekno, vol. 14, no. 1, pp. 11–25, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 643 times
Download PDF : 1974 times