Pengaruh Periklanan, Promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan Penjualan perorangan Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Kartu Perdana Simpati
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of advertising (X1), sales promotion (X2), public relations (X3) and personal selling (X4) on consumer decisions (Y) in purchasing a Simpati starter pack card. The population in this study were students of the University of Bina Darma Palembang in the first semester of the Management Department. The sample in this study amounted to 65 people. The results obtained by the multiple linear regression equation Y= 0,669+0,338X1+0,123X2+0,199X3+0,197X4. From the results of the t-test (partial) shows that advertising (0.942>0.05) and public relations (0.153> 0.05) shows that partially there is no significant effect on consumer decisions (Y) in purchasing Simpati cards, while sales promotion (0.024<0.05) and individual sales (0.009<0.05) partially significant effect on consumer decisions (Y) in purchasing a Simpati starter pack card. The f-test (simultaneous) shows that there is a simultaneous significant effect of advertising, sales promotion, public relations and personal selling on consumer decisions in purchasing a Simpati starter pack card (0.000>0.05).
Keywords: Advertising, Sales Promotion, Public Relations, Personal Selling, Consumer Decisions
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh periklanan (X1), promosi penjualan (X2), hubungan masyarakat (X3) dan penjualan perorangan (X4) terhadap keputusan konsumen (Y) dalam pembelian kartu perdana Simpati. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas Bina Darma Palembang semester 1 Jurusan Manajemen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang. Hasil Penelitian di peroleh persamaan regresi linier berganda Y= 0,669+0,338X1+0,123X2+0,199X3+0,197X4. Dari Hasil uji-t (parsial) menunjukkan bahwa periklanan (0,942>0,05) dan hubungan masyarakat (0,153>0,05) menunjukkan secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen (Y) dalam pembelian kartu perdana Simpati, sedangkan promosi penjualan (0,024<0,05) dan penjualan perorangan (0,009<0,05) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan konsumen (Y) dalam pembelian kartu perdana Simpati. Untuk uji-f (Simultan) menunjukkan bahwa terdapat perngaruh signifikan secara simultan periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan perorangan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kartu perdana Simpati (0,000>0,05).
Kata kunci : Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Perorangan, Keputusan Konsumen
References
Amstrong, G., & Philip, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (A. Sindoro & B. Molan (eds.)). Prenhalindo.
Dzulkarnaen, A. R., & Wardhani, N. I. K. (2022). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pizza Hut Surabaya. 5(April), 1–7.
Elistia. (2020). Perkembangan dan Dampak Pariwisata di Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA). https:// jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/article/view/9066/5361
Fabiola, B. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok pada Perusahaan Rokok PT Bentoel Internasional Investama Tbk. (PT BINI Tbk.) Padang. 1(2), 1–15.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Imelda, S., & Sangen, M. (2013). Pengaruh Keputusan Bauran Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Nomor Perdana Telkom Flexi di Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 1(2), 259–280.
Juwariyah, S. (2021). Pengaruh Promotion Mix dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Pondok Cokelat Hatta Samarinda. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(9), 1606–1614. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i9.407
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran (Millenium). PT Prenhallindo.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2011). Marketing an Introduction. Pearson.
Kotler, Philip, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (12 jilid 1). PT. Indeks.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.
Kotler, Phillip, & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Pripsip Pemasaran (12 jilid 1). Erlangga.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12 jilid 1). PT. Indeks.
Oktafianus. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda Pada PT Fifgroup Cabang Samarinda. Ejournal Administrasi Bisnis, 3(3), 730–742.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis.
Rambat, L. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. In Edisi Ke (3rd ed., Vol. 3). Salemba Empat.
Sagala, I. S. (2010). pengaruh bauran prpmosi terhadap keputusan konsumen membeli kartu seluler XL. Universitas Lampung.
Schiffman, & Kanuk, L. (2000). Costumer Behavior, Internasional Edition.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik (3rd ed.). Andi (IKAPI).
pdf : 1408 times
Copyright (c) 2022 mukran roni, Irwan Septayudha, Febri Yanto Sandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.