Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Teh Botol Sosro Di Jawa Barat)
Abstract
At present, the ready-to-drink tea industry is increasingly becoming a new company that has become a competitor for the Teh Botol Sosro brand. The study aims: (1) To test and analyze the influence of brand awareness on purchase decisions in Jawa Barat. (2) To test and analyze the influence of brand image to purchase decisions in Jawa Barat. (3) To test and analyze the influence of brand awareness and brand image to purchase decisions in Jawa Barat. The kind of this research is explanatory research. The population of this research are the consumer of Teh Botol Sosro, with a total sample were 200 consumers of Teh Botol Sosro in Jawa Barat. Technique elected sampling used the purposive sampling technique. The survey by questionnaire collected data that was already tested using validity and reliability tests. The data analysis technique used assumption classic tests, simple regression and multiple regression. This research showed that: (1) Brand awareness influences purchase decisions in Jawa Barat. (2) Brand image influences purchase decisions in Jawa Barat. (3) Brand awareness and brand image affect the purchase decisions in Jawa Barat.
Keyword: Brand awareness, Brand Image, and Purchase Decision.
Abstrak
Industri teh dalam kemasan semakin diminati oleh berbagai merek yang menjadi pesaing merek Teh Botol Sosro. Penelitian bertujuan (1) Menguji dan menganalisis pengaruh kesadaran merek pada keputusan pembelian konsumen Teh Botol Sosro di Jawa Barat. (2) Menguji dan menganalisis pengaruh citra merek pada keputusan pembelian konsumen Teh Botol Sosro di Jawa Barat. Menguji dan menganalisis pengaruh kesadaran merek dan citra merek pada keputusan pembelian konsumen Teh Botol Sosro di Jawa Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Populasi penelitian merupakan konsumen minuman ringan dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang yang termasuk konsumen Teh Botol Sosro di Jawa Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa purposive sampling. Teknik survey dengan kuesioner dilakukan untuk pengumpulan data. Uji instrumen yang dipilih berupa uji validitas, reliablitas, dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Terdapat pengaruh kesadaran merek pada keputusan pembelian Teh Botol Sosro di Jawa Barat. (2) Terdapat pengaruh citra merek pada keputusan pembelian Teh Botol Sosro di Jawa Barat. (3) Terdapat pengaruh kesadaran merek dan citra merek pada keputusan pembelian Teh Botol Sosro di Jawa Barat.
Kata Kunci: Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian.
References
Aaker, D. (2008). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari suatu Merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama.
Aaker, D. A., & McLoughlin, D. (2010). Strategic Market Management: Global Perspectives. John Wiley & Sons Ltd.
Adiwidjaja, A. J., & Tarigan, Z. J. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora.
Ambolau, M. A., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness and Brand Image on Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 2 No. 2 Februari 2015.
Amron, A. (2018). he Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. Europian Scientific Journal.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ariyan, H. (2013). Pengaruh Brand Awarenesss dan Kepercayaan Konsumen atas Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Minuman Aqua di Kota Padang.
Buchari, A. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data SPSS. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Elliott, R., & Percy, L. (2007). Strategic Brand Management. New York : Oxford University Press .
Fadhilah, A. (2015). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. Journal MIX.
Fathalah, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum. Jurnal Ilmu Manajemen.
Ferrell, & Hartline, M. (2010). Marketing Strategy. Canada: Cengange Learning.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.
Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair J.F., et al. 2010. Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. New Jersey:
Pearson Prentice Hall.
Halawa, D. A., & Dewi, L. K. (2019). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Susu Cair dalam Kemasan Siap Minum Merek Ultra Milk di Kabupaten Bandung (Studi Pada Konsumen Ultra Milk di Kabupaten Badung – Bali). Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Halim, C. (2010). Tip Praktis: Promosi Online untuk Berbagai Event. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Immonen, A., & Saaksvuori, A. (2013). Product Lifecycle Management. Berlin: Springer.
Jean, & Kapferer, N. (2004). The New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity. London: Kogan Page.
Jyoti, A. (2010). Marketing Management. New Delhi: Gennext.
Kotler, P., & Keller, L. (2009). Merketing. Canada.
Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.
Kotler, P., & Keller, L. (2016). Manajemen Pemasaran ed. 12. Jakarta:
PT. Indeks
Kotler, P., Armstrong, G., Wong, V., & Saunders, J. (2008). Principle of Marketing.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). . jMetodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Piros, C., & Pinto, J. (2013). Economics for Investment Decision Makers: Micro, Macro, and International Economics. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Pradana, M. (2016). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen.
Pranata, A. (2020). Perancangan Website Untuk Menunjang Promosi Pada Sekolah Umum. Jurnalku.
Prasetya, E. G., Yulianto, E., & Sunarti. (2018). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mineral Aqua ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Pridjosoesilo, T. (2018, September Senin). Berebut Manisnya Industri Minuman Teh dalam Kemasan.
Puspitawati, H., & Herawati, T. (2018). Metode Penelitian Keluarga. PT Penerbit IPB Press.
Reynolds, P., & Lancaster, G. (2011). Management of Marketing. New York: Routledge.
Schiffman, L., & L, K. L. (2008). Consumer Behavior.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Soehadi , Agus W. (2005). Effective Branding. Bandung: PT. Mizan Pustaka
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U., Fachrodji, A., & Nursal, A. (2011). Pemasaran Strategik Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja.
Wilson, A., & Murley, L. (2012). The Distribution of Goods and Services. New York: Rosen Central.
Yuniarti, R. D., & Aprianti, R. S. (2003). Pengaruh In Store Display terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola (Survei pada Konsumen di Carrefour Paris Van Java Sukajadi Bandung) . Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis.
Yuswohadi. (2018, September 03). Teh Kemasan: Adu Jitu Strategi Merebut Pasar Milenial.
Copyright Disclaimer
Copyright for this article is retained by the author(s), with first publication rights granted to the journal.
pdf : 747 times
Copyright (c) 2022 Jessica Wiriaatmadja, Allen Kristiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.