Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang
Abstract
The purpose of this study is to examine the impact of product quality, advertising and brand image on product purchase decisions in Tolak Angin Sidomuncul, Semarang. An example of this survey is the Tolak Angin consumer, with a total of 100 respondents using non-probabilistic methods. The information gathering procedure adopts a questionnaire survey method. In this study, we adopt the method of multiple regression analysis and use SPSS as the analysis tool. The survey results show that: 1) Product quality influences purchasing decisions for Tlak Angin in Semarang City. 2) Advertising influences purchasing decisions for Tolak Angin in Semarang City. 3) Brand image influences purchase decision of Tolak Angin in Semarang City. 4) Product quality, promotion and brand image all influence the purchase decision of Tolak Angin in Semarang City at the same time.
Keywords: Product Quality, Advertising, Brand Image, Purchase Decisions
Abstrak
Penelitian ini bertujuan guna menguji pengaruh kualitas produk, Iklan, serta Citra Merk terhadap keputusan pembelian produk Tolak Angin Sidomuncul yang terletak di Kota Semarang. Ilustrasi dalam riset ini ialah konsumen Tolak Angin yang berjumlah 100 responden dengan metode Non Probability. Tata cara pengumpulan informasi memakai tata cara Kuesioner Penelitian ini memakai metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan mengunakan SPSS selaku perlengkapan analisis. Hasil penelitian menampilkan: 1) Ada pengaruh kualitas produk pada keputusan pembelian Tolak Angin di Kota Semarang. 2) Ada pengaruh Iklan pada keputusan pembelian Tolak Angin di Kota Semarang. 3) Ada pengaruh Citra Merk pada keputusan pembelian Tolak Angin di Kota Semarang. 4) Ada pengaruh kualitas produk, Iklan, serta Citra Merk secara simultan terhadap keputusan pembelian Tolak Angin di Kota Semarang.
Kata kunci: Kualitas Produk, Iklan , Citra Merek, Keputusan Pembelian
References
Aghitsni, Wanda Intan, dan Nur Busyra. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) 6(3):38–51.
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Hardani, S. P., MS, N. H. A., ... & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.
Amalia, Nur. 2019. Pengaruh Citra Merek , Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan ). Studi Manajemen Dan Bisnis 6(2).
Astuti, Eni Puji. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor BEAT. http://repository.unwidha.com:880/1993/
Darmawan, I. G. D., & Pramudana, K. A. S. (2022). Pengaruh iklan, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kain songket Bali. E-jurnal manajemen, 11(2), 255-276.
Effriena Brilliany, and Anton P.W. Nomleni. 2022. “Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett.” Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi 2(1):72–77. doi: 10.55606/jurima.v2i1.153.
Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114.
Hafilah, E., Chaer, V., & Usman, O. (2019). the effect of brand ambassador, brand image, product quality, and price on purchase decisions SAMSUNG smartphones. Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Decisions Samsung Smartphones (January 11, 2019).
Helisia Margahana. 2020. “Analisis Pengaruh Iklan Online Terhadap Minat Beli: Studi Kasus Pengguna Aplikasi E-Commerce Di Oku Timur.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 5(2):145–54.
Hendrayani, Iin, dan Rahmat Catur Satrio. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Palembang). JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi) 6(2):136–43.
Hernikasari, Innes, Hapzi Ali, and Hadita Hadita. 2022. “Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3(3):329–46. doi: 10.31933/jimt.v3i3.837.
Hidayat, Ridho Rahmad, and Rayuwanto Rayuwanto. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Keizai 3(2). doi: 10.56589/keizai.v3i2.292.
Ibrahim, Malik. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.4, 4(1):175–82.
Ida, Zuraidah, dan Ida Nur Hidayati. 2020. “Brand Image and Product Quality Against Purchase Decision: Sariayu Hijab Shampoo Competitive Environment.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 469(1). doi: 10.1088/1755-1315/469/1/012109.
Indriani, Sri Seti, Lilis Puspitasari, dan Evi Rosfiantika. 2019. “Analisis Interaksi Simbolik Pada Konten Ofensif Iklan Grab #pilihaman.” ProTVF 3(1):81. doi: 10.24198/ptvf.v3i1.21245.
Jacob, Aprilia A., S. L. H. V. Joyce Lapian, dan Yunita Mandagie. 2018. “Pengaruh Daya Tarik Dan Iklan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa FEB Unsrat.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6(2):988–97.
Kuspriyono, Taat. 2018. “Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta.” Cakrawala XVIII(1):59–66.
Lestari, D. A. Y. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Situs Online Shopee Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris Mahasiswa Program Magister Manajemen Angkatan 2018 Univeristas Hasanuddin Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin). http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/23231/ 2/A012181058_tesis_14-11-2022%201-2.pdf
Marbun, Maulina Br, Hapzi Ali, dan Fransiskus Dwikoco. 2022. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(2):716–27.
Melati, M., dan A. A. Septarina. 2022. “Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Di Kota Unaaha.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 12(April):207–16. doi: 10.33087/dikdaya.v12i1.
Miati, Iis. 2020. “Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay ( Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar ).” 1(2):71–83.
Mukarromah, Dewi Saidatul, dan Chusnul Rofiah. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 2(1):27–36. doi: 10.26533/jmd.v2i1.346.
Ningtyas, A. M., & Lubis, I. K. (2018). Literatur Review permasalahan privasi pada rekam medis elektronik. Pseudocode, 5(2), 12-17.
Noval, Nanda. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Iklan Dan Citra Merrek Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha V-IXION.” Carbohydrate Polymers 6(1):5–10.
Rachmawati, Siska Dwi, and Anik Lestari Andjarwati. 2020. “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 7(1):25. doi: 10.19184/ejeba.v7i1.14849.
Ramadhani, M. SYAHRI. 2021. “Persepsi Konsumen Pada Iklan Produk Converse Di Media Instagram Terhadap Minat Beli Ulang.”
Sendi Pertiwi, E. S., & Pradhanawati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswi S1 Aktif Fisip UNDIP). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 288-297. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26360
Setiawan, Budi, dan Celia Celesta Rabuani. 2019. “Pengaruh Iklan Dan Endorser Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian.” Riset 1(1):001–015. doi: 10.35212/277621.
Soegiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Tangka, G. C., & Dotulong, L. O. (2022). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakulas Ekonomi Unsrat Angkatan 2018. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 383-392.
Tomarda, Zakky. 2018. “Strategi Promosi Pemasaran Produk Pada Perusahaan Jamu Bisma Sehat (Studi Deskriptif Kualitatif Di PJ. Bisma Sehat).” Skripsi 2.
Winarsa, Hendra, Kata Kunci, Jamu Kemasan, dan Pengembangan Produk. 2019. “Strategi Pengembangan Jamu Kemasan Di Indonesia.” J. Madani 2(1):131–44.
Wirayanthy, Noverita, and Singgih Santoso. 2019. “Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label.” ISSN : 2654-4326 84(10):1511–18. doi: 10.1134/s0320972519100129.
pdf : 3167 times
Copyright (c) 2023 Ivanka Prisca Lorinda, Amron Amron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.