INOVASI TEKNOLOGI PENGHANCUR DAN PENGERING TULANG IKAN ZERO WASH DENGAN ZERO ONE

  • Hasmawaty AR Universitas Bina Darma
  • Amiludin Zahri Universitas Bina Darma
  • Ch. Desi Kusmindari Universitas Bina Darma
  • Rian Defriadi Universitas Bina Darma
Keywords: Nordic body map, morphological, zero one, zero wash

Abstract

Kelapa sawit sebagai tanaman penghasil minyak sawit dan inti sawit merupakan salah satu primadona tanaman perkebunan yang menjadi sumber penghasil devisa  non migas bagi Indonesia. Mutu CPO  dapat ditentukan dari beberapa parameter atau karakteristik, Diantaranya adalah banyak atau sedikitnya kadar air, dan kadar asam lemak bebas (ALB) dan kadar kotoran yang terkandung di dalam CPO. PT Sentosa Mulia Bahagia dalam permasalahannya Dimana masih tingginya, tingkat kadar asam lemak bebas 5,86%, air, 0,87%, dan kotoran 0,96%. Maka perlu analisa produksi untuk mengukur kualitas produk dengan menggunakan  metode Seven Tools dan konsep Kaizen untuk melakukan perbaikan masalah yang dihadapi perusahaan. (penyempurnaan secara terus menerus) serta pemeliharaan tempat kerja untuk peningkatan kualitas. Penelitiaan ini bertujuan untuk menganalisis kualitas CPO di PT Sentosa Mulia Bahagia. Dari hasil yang di dapatkan berdasarkan grafik pareto diatas dapat dilihat bahwa mulai dari awal periode maret 2018 hingga akhir rata-rata tingkat kecacatan kadar asam lemak bebas yang paling tinggi dan disusul tingkat kadar air dan kotoran. Faktor terjadinya kecacatan Crude Palm Oil adalah faktor bahan baku, manusia, linggkugan kerja, mesin dan metode kerja. Seiri, Memisahkan barang/materiaal yang tidak diperlukan diruang produksi. Material besi/pipa yang berukuran besar yang terletak diruang produksi yang tidak digunakan lagi. Seiton, mengatur tata letak barang sesuai dengan : jenis atau fungsi dan tingkat kepentingan. Seiso, Membersikan mesin yang terdapat kotoran dari proses produksi. Lakukan perawatan dan pembersihan secara berkala dilantai produksi.

Author Biographies

Hasmawaty AR, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

Amiludin Zahri, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

Ch. Desi Kusmindari, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

Rian Defriadi, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

References

Hasmawaty.AR. 2015. Pengetahuan Lingkungan (Udara, Air, dan Tanah). ISBN 978-979-078-533-5 Penerbit Dian Rakyat. Cetakan Pertama. Jakarta.
Hasmawaty,AR, Amiludin Zahri, Budi Santoso, 2016. Pembuatan Prototype Mesin Untuk Pemanfaatan Batang Kelapa Sawit dan Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Bahan Baku Plup. Jurnal Kinetik. Vol 7 No 2 Hal 1-50, ISSN 1693-9050.

Hasmawaty, AR. 2017. Industri Kimia (Macam, Manfaat, Dampak Lingkungan). ISBN 978-978-29-6371-7. Penerbit ANDI. Cetakan Pertama.Yogyakarta.

Hardianto Iridiastadi, dan Yassierli. 2015. Ergonomi Suatu Pengantar, Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung. ISBN.978-979-692-564-3.

Imam Djati Widodo. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Produk, Produk Planning And Design.Yogyakarta, Penerbit UII Press Indonesia.
Rosnani Ginting, 2009, Perancangan Produk, Yogyakarta : Graha Ilmu
Steven D. Eppinger dan Kart T. Ulrich, 2003, Perancangan dan Pengembangan Produk, , Bandung: Penerbit ITB
Sularso dan Kyokatsu Suga, 2008, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Jakarta: Pradnya Paramitha,
Wignjosoebroto, Sritomo, 2003, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya Surabaya.
Published
2019-10-31
How to Cite
[1]
H. AR, A. Zahri, C. Kusmindari, and R. Defriadi, “INOVASI TEKNOLOGI PENGHANCUR DAN PENGERING TULANG IKAN ZERO WASH DENGAN ZERO ONE”, jtekno, vol. 15, no. 1, pp. 33–45, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 422 times
Download PDF : 741 times