ROMAN BUKAN PASAR MALAM KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DALAM KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Main Article Content

Dian Mustikasari

Abstract

Penelitian ini meneliti Roman Bukan Pasar Malam  yaitu bagaimana ideologi yang diusung dalam Roman Bukan Pasar Malam. Bukan Pasar Malam karya Pramoedya Ananta Toer sebagai obyek material penelitian ini menceritakan tentang keadaan ketidakadilan yang dialami oleh pengarang. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan sosiologi sastra. Diceritakan tentang tokoh yang gagah menjadi lemah ketika memperoleh kabar ayahnya yang seorang guru sakit dan akhirnya meninggal. Roman ini dapat digambarkan sebagai bentuk kemarahan terhadap sistem individu, dan organisasi dari pihak yang menindas yang berlindung di balik sistem keadilan. Di bagian awal Bukan Pasar Malam ini, Pramoedya menginginkan kemenangan demokrasi yang bebas buat individu-individu yang tidak bisa mengelak dari demokrasi.


 


 

Article Details

How to Cite
Mustikasari, D. (2020). ROMAN BUKAN PASAR MALAM KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DALAM KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 13(02), 47–56. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v13i02.1093
Section
Articles

References

Referensi dari buku dan jurnal
Aisyah, T., Wahyuni, R., & Wikanengsih, W. (2019). Analisis Novel Saman Karya Ayu Utami: Tinjauan Sosiologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 291–298.
Erni, S., Asri, Y., & Nurizzati, N. (2012). Kelas Sosial Dalam Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Anantatoer. Bahasa Dan Sastra, 1(1), 66–76.
Hastuti, N. (2018). Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Kajian Sosiologi Sastra. Humanika, 25(1), 64–74.
Nasution, W. (2016). Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. Metamorfosa Journal, 4(1), 14–27.
Pramoedya Ananta Toer. (2004). Bukan Pasar Malam. Lentera Dipantara.
Sapardi Djoko Damono. (2009). Sosiologi Sastra : Pengantar Ringkas. Edisi Baru. Editum.


Referensi dari internet
(https://id.wikipedia.org/wiki/Pramoedya_Ananta_Toer) diunduh tanggal 8 November 2020