GAMBARAN SIKAP BAHASA MAHASISWA PBI UNU PURWOKERTO TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA BAIK DAN BENAR

Main Article Content

Dian Mustikasari
Rina Purwani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menndiskripsikan gambaran sikap bahasa mahasiswa terhadap penggunaan bahasa baik dan benar dalam lisan maupun tulis. Banyak ditemukan mahasiswa dalam mengerjakan tugas seperti paper atau makalah masih menggunakan bahasa yang tidak sesuai kaidah Bahasa Indonesia.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran sikap bahasa mahasiswa prodi PBI di Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto terhadap penggunaan bahasa baik dan benar dalam lisan maupun tulis.


Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan diskripsi kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penelitian akan mendeskripsikan secara menyeluruh yang berhubungan dengan temuan yang bersumber pada instrument utama yaitu angket yang berisi kuisoner. Hasil dari penelitian diolah memakai uji analisis deskriptif dengan pernyataan positif yang tinggi di aspek kesetiaan 41,4%, kebanggaan 44,8%, dan kesadaran 41,4% yang rata-rata tertinggi setuju diantara lima point lainnya, Dapat dikatakan bahwa mahasiswa memiliki sikap bahasa dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar yang  positif.

Article Details

How to Cite
Mustikasari, D., & Purwani, R. (2022). GAMBARAN SIKAP BAHASA MAHASISWA PBI UNU PURWOKERTO TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA BAIK DAN BENAR. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 15(2), 153–166. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v15i2.2009
Section
Articles