MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DAN PARTISIPASI MAHASISWA SERTA MENGGALI TANGGAPAN MAHASISWA MELALUI JIGSAW

Main Article Content

Dian Mustikasari
Rina Purwani

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan karena banyak mahasiswa yang menemui kesulitan dalam keterampilan menulis.karya ilmiah. Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui Jigsaw dengan tujuan yaitu meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa yang masih rendah dan menggali tanggapan serta melibatkan partisipasi mahasiswa terhadap metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model KEmmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah pre-test post-test, angket, dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini diolah memakai statistik sederhana dengan hasil belajar yaitu pre-test siklus 1 adalah 60 dengan post-test 68, sedangkan pada siklus 2 pre-test 65 dan post-test 78. Pada siklus 2 juga partisipasi mahasiswa meningkat mencapai 70%, hal ini dapat dikatakan bahwa mahasiswa dalam keterampilan menulis karya ilmiah serta partisipasi dan tanggapan terhadap materi meningkat dan respon sangat positif.

Article Details

How to Cite
Mustikasari, D., & Purwani, R. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DAN PARTISIPASI MAHASISWA SERTA MENGGALI TANGGAPAN MAHASISWA MELALUI JIGSAW. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 16(2), 139–150. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v16i2.2728
Section
Articles