Pengukuran Jumlah Karyawan dengan MetodeWorkSampling

  • Amiluddin Zahri Universitas Bina darma
  • Mutia Mawardah Universitas Bina darma
Keywords: pengukuran waktyu kerja, metode work sampling, output standar pekerjaan

Abstract

Keseimbangan beban kerja karyawanperlu dilakukan melaui pengukuran kinerja karyawan produktif dan non produktif, salah satunya dengan menggunakan metode work sampling agar dapat mengetahui output standar pekerjaan dalam aktivitas memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Pusat Pelayanan Mahasiswa (PPM) Universitas Bina Darma (UBD) merupakan unit yang memiliki tugas pokok untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Work sampling adalah suatu aktifitas pengukuran kerja untuk mengestimasikan proporsi waktu yang hilang (idle/delay) selama siklus kerja berlangsung atau untuk melihat proporsi kegiatan tidak produktif yang terjadi (ratio delay study).. Hasil penelitian antara lain: (1) Jumlah pekerjaan produktif di PPM UBD sebesar 78.9 %, dengan idle time sebesar 21%. (2) Waktu baku atau waktu standar untuk melakukan pelayanan per mahasiswa yaitu 4.896 menit, (3) Output standar sebesar  0.204 unit layanan/menit atau 86 unit layanan per hari per karyawan, (4) Beban kerja karyawan PPM UBD belum maksimal yaitu sebesar 53.19%, sedangkan jumlah karyawan PPM UBD sudah optimal karena sesuai dengan jumlah karyawan optimal yaitu sebanyak 3 orang karyawan.

Author Biographies

Amiluddin Zahri, Universitas Bina darma

Teknik Industri

Mutia Mawardah, Universitas Bina darma

Psikologi

References

Azwar, S. 2006. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


IftikarZ.Sutalaksana, 1979 Teknik Tata Cara Kerja Laboraturium, Tata cara Dan Ergonomi, Bandung,

Tarwaka. 2014. Ergonomi Industri: Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press Surakarta.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2003. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Guna Widya.
Published
2019-10-30
How to Cite
[1]
A. Zahri and M. Mawardah, “Pengukuran Jumlah Karyawan dengan MetodeWorkSampling”, jtekno, vol. 14, no. 1, pp. 1–10, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 298 times
Download PDF : 705 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>